3 Cara Perluas Jaringan Profesional

Menambah relasi secara profesional

Stigma menyiapkan CV terbaik dan pengalaman kerja saat hendak melamar di sebuah perusahaan rupanya sudah tertanam di kepala para pencari kerja. Padahal sebenarnya ada yang lebih penting dari itu, yakni menjalin relasi dengan orang-orang baru. Mengapa demikian? Menurut Aditiyo Indrasanto konsultan karier Career Guide Indonesia, selain memperbaiki CV dan memperbanyak pengalaman kerja, menjalin relasi dengan tulus tidak kalah pentingnya. “Usahakan Anda menjalin relasi yang tulus dengan rekan-rekan baru Anda. Namun jangan hanya saat sedang membutuhkan saja Anda menghubungi mereka, selalu menanyakan kabar dan siapkan waktu untuk bertemu mereka,” jelas Adit. Simak beberapa langkah menjalin relasi berikut.

 

1. Membuka Diri

Ketika Anda ada di sebuah acara, ada baiknya Anda membuka diri untuk orang atau kelompok baru. Jangan terlalu sibuk dengan rekan yang sudah Anda kenal selama ini. Selain dapat bertukar pikiran baru, memperluas jaringan dapat menjadi hal postif di kemudian hari. Jangan kaget jika suatu saat relasi baru Anda menawarkan pekerjaan dengan posisi yang menjanjikan.

 

2. Selalu Simpan Kartu Nama

Jika Anda datang ke sebuah acara apaun, usahakan berbaur dengan orang lain dan meminta kartu nama ataupun kontak mereka. Anda tidak pernah mengetahui jika di masa depan mereka bisa membantu Anda dalam mencari pekerjaan.

 

3. Menjalin Relasi

Setelah mendapatkan kontak relasi Anda, usahakan selalu hubungi orang-orang tersebut secara berkala. Jangan menghubungi mereka jika hanya sedang membutuhkan bantuan saja, namun jalin hubungan relasi itu dengan tulus, sehingga ketika Anda membutuhkan bantuan mereka tidak akan segan-segan membantu.  Jangan memikirkan apa yang dapat mereka berikan kepada Anda, tetapi apa yang dapat Anda berikan kepada mereka.

 

 

 

 

BAGIKAN HALAMAN INI: