4 Tips Ahli Tentukan Langkah Karier

Pada momen awal tahun ini, ada baiknya Anda berkontemplasi mengenai kehidupan profesional Anda. Rencanakan resolusi terbaik untuk karier misalnya tetap di kantor lama atau mencari pengalaman baru dan kesempatan baru di luar sana. Simak pembahasan mengenai resolusi karier bersama Prisila Sekar Rani & Belita Nusa Pratiwi, Konsultan Karier di EXPERD consultant berikut ini.

1. Evaluasi Diri

Jika Anda ingin mengubah atau menapaki tangga karier yang lebih tinggi, ada baiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk melakukan refleksi diri dan renungkan hal apa saja yang telah Anda lakukan atau capai pada tahun lalu. Jika ternyata masih ada rencana yang belum tercapai, maka cara inilah yang dapat membantu Anda sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.  Evaluasi diri penting agar Anda memahami letak kesalahan yang menyebabkan Anda gagal dalam mencapai tujuan. Hal tersebutlah yang dapat menjadi acuan dalam menyusun resolusi karier yang baru.

 

2. Target Positif

Tahap selanjutnya adalah menyusun target-target dengan kalimat positif dan hindari kalimat negatif. Selain itu, target-target yang Anda susun harus spesifik, tidak hanya menyatakan “Saya ingin menjadi lebih sukses lagi tahun ini”, tetapi nyatakanlah target Anda dalam suatu yang lebih konkret seperti, “Saya ingin menjadi manajer tahun ini atau saya ingin pindah ke perusahaan asing tahun ini”. Kemudian susunlah langkah-langkah yang lebih spesifik lagi untuk mencapai target tersebut. Untuk naik jabatan, misalnya menjadi seorang manajer, Anda harus mengikuti pelatihan kepemimpinan terlebih dahulu. Lalu jangan lupa untuk menuliskan semua rencana Anda tersebut di tempat-tempat yang mudah dilihat dan tuliskan juga konsekuensi apa yang akan Anda tanggung jika target tersebut tidak tercapai di tahun ini, agar Anda semakin terdorong untuk menjalankan resolusi. Selain itu, Anda juga harus mulai keluar dari zona nyaman agar kemampuan Anda lebih berkembang dari sebelumnya.

 

3. Introspeksi Diri

Setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut tetapi target Anda belum tercapai, mungkin saatnya untuk mengintropeksi diri terlebih dahulu. Cari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda, apakah tepat waktu atau sering mundur dari tenggat waktu? Anda dapat melakukan diskusi dengan atasan mengenai performa Anda dan kemampuan apa yang perlu diasah kembali.

Jika Anda sudah mendapatkan apa yang selama ini ditargetkan, sebaiknya keberhasilan itu jangan dijadikan sebagai tujuan akhir Anda. Usahakan untuk bekerja secara konsisten dan profesional untuk dapat mempertahankan kesuksesan yang telah diraih sebelumnya.

 

4. Tidak Seputar Jabatan atau Gaji

Resolusi tersebut bisa mencakup banyak hal, misalnya work-lif-balance, mempelajari keterampilan baru, dan tidak melulu menganai kenaikan jabatan atau gaji. Hal tersebut juga tergantung dengan kondisi Anda saat ini, mungkin bisa saja sebenarnya Anda sudah sangat puas dengan gaji, jabatan, dan lingkungan kerja di perusahaan sekarang, tetapi Anda merasa saat ini terlalu sering lembur dan ingin lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Dengan demikian resolusi karier Anda bukanlah soal memperhitungkan kenaikan gaji atau jabatan, namun cara kerja Anda selama ini. Lakukan kembali intropeksi terhadap sistem kerja Anda untuk mengetahui efektifitasnya. Pikirkanlah apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh Anda saat ini, mungkin tidak sekadar bisa naik jabatan atau gaji, namun Anda hanya ingin mencari suasana yang lebih nyaman.

Teks: Aniza Pratiwi

 

 

BAGIKAN HALAMAN INI: