5 Pesona Taman Kota di Dunia

Taman kota punya fungsi penting bagi habitat kota. Bagai paru-paru, taman kota menjadi sarana untuk respirasi lingkungan yang akan berdampak pada kualitas udaranya. Selain memainkan peran vital, keberadaan taman kota juga menjadi satu destinasi warga untuk menyegarkan pikiran lewat beragam aktivitas, mulai dari berolahraga hingga bermain. Berikut ini adalah 5 taman kota di dunia favorit kami.

 

Central Park, Amerika


Terletak di Manhattan yang menjadi jantung New York City, Central Park seluas 341 hektar memiliki danau, Conservatory Garden, dan kebun binatang. Jika berkunjung pada musim semi, keindahan pohon cherry blossom akan memukau mata Anda. Dua lapangan ice-skating tersedia untuk bermain saat musim dingin. Taman ini sering menjadi lokasi pembuatan film terkenal, seperti Home Alone 2, Spiderman, Enchanted, dan asih banyak lagi.

 

Keukenhof, Belanda


Di Keukenhof, taman bunga terbesar di dunia yang terletak di kota Lisse, Belanda, mata Anda akan dimanjakan dengan tujuh juta kuntum bunga yang ditanam rapi membentuk berbagai pola penuh warna. Pembentukan taman ini bermula dari sebuah pameran bunga. Hanya dibuka setahun sekali pada pertengahan bulan Maret hingga pertengahan bulan Mei, taman ini tak hanya memiliki berbagai bunga untuk dinikmati. Di sana juga terdapat Keukenhof Castle yang kerap menjadi tempat bermacam-macam festival maupun pertunjukan musik.

 

Hyde Park, Inggris


Merupakan salah satu dari delapan Royal Park di London, Hyde Park seluas 142 hektar ini menjadi tempat untuk melakukan berbagai kegiatan, mulai dari bersepeda, menunggang kuda, naik perahu, di danau Serpentine, hingga berenang di Serpentine Lido. Di sini terdapat Diana Memorial Fountain untuk mengenang Putri Diana. Selan itu, berdiri pula 7 July Memorial yang berbentuk 52 pilar baja untuk menghargai korban bom 7 Juli 2005. Hyde Park juga memiliki berbagai makanan yang bisa Anda santap sembari menikmati keindahan taman.

 

Parc des Buttes-Chaumont, Prancis


Parc des Buttes-Chaumont adalah salah satu taman terbesar di Paris yang terkenal dengan Temple de la Sibylle yang terinspirasi dari Temple of Vesta di Tivoli, Italia. Bangunan tersebut berada di atas tebing setinggi lima puluh meter di atas perairan danau buatan. Di taman ini juga terdapat gua yang memiliki air terjun buatan serta jembatan gantung yang menjadi primadona pengunjung. Letaknya yang berada di bukit membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan kota dari ketinggian, terutama daerah Montartre.

 

Flagstaff Gardens, Australia


Flagstaff Gardens adalah taman tertua di Melbourne. Berdiri sejak tahun 1862 dengan luas 7,2 hektar, Flagstaff Gardens dikenal dengan arkeologi, holtikultura, serta sejarah dan lingkup sosialmya. Jika Anda ingin jogging, Avenues of Elm yang teduh dpat menjadi jalur yang cocok. Menariknya, taman ini juga menyediakan pemanggang elektronik untuk digunakan di pesta barbecue. Ketersediaan lapangan tenis, voli, dan area bermain anak membuat taman ini cocok untuk segala usia.

 

BAGIKAN HALAMAN INI: