5 Rahasia Masa Depan Terjamin dengan Audit Keuangan

Pernahkah Anda merasa penghasilan yang Anda dapatkan selama satu bulan habis begitu saja tanpa Anda sadari? Jika pernah, maka sudah saatnya Anda melakukan financial health check atau audit keuangan. What is financial health check and why we need it? We are not a big company!

Well, sebagai masyarakat yang konsumtif, setiap individu perlu melakukan financial health check atau audit seperti perusahaan besar namun dengan konteks yang lebih sederhana dan dilakukan satu bulan sekali agar Anda tahu secara berskala mengenai pengeluaran dan pemasukan yang terjadi setiap bulannya.

Sebagian individu mungkin berpikiran bahwa mereka memiliki penghasilan yang tetap setiap bulan dan bahkan beberapa di antaranya dapat menghabiskan uang dari gaji awal untuk hal yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Hal itu merupakan penyebab utama mengapa Anda selalu kehabisan uang di tengah bulan. Solusinya adalah dengan melakukan audit keuangan dengan cermat. Apabila sudah berhasil menerapkan pengelolaan keuangan tersebut, Anda akan memiliki financial security atau dana cadangan yang mampu membuat Anda bertahan hingga akhir bulan dan saat menghadapi hal-hal yang tidak terduga.

Untuk membantu Anda mencapai keuangan yang sehat, berikut kami berikan beberapa cara dari Ka Jit, Head of Individual Costumer Solutions Retail Banking dari Bank OCBC NISP, yang dapat diterapkan untuk mengelola keuangan demi masa depan yang terjamin.

1. Perencanaan yang Matang
Selain merencanakan pemasukan dan pengeluaran, Anda perlu menentukan perencanaan awal seperti menetapkan apa tujuan Anda menabung. Setelah itu, Anda dapat menetapkan pembagian kategori uang Anda, misalnya menjadi 50:30:20, sehingga tabungan dapat terkontrol dan teratur. Jadi, ketika sudah menerima gaji misalnya, Anda dapat langsung menyisihkan 20 persen dari total penghasilan Anda untuk ditabung.

2. Kebutuhan Rekening
Pastikan bahwa Anda memiliki dua rekening berbeda yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk menampung tabungan Anda. Untuk menaruh uang tabungan, Anda sebaiknya tidak menggunakan kartu debit atau ATM agar terhindar dari kesempatan pengambilan uang secara berkala.

3. Pentingnya Pencatatan
Hal yang sederhana namun penting dari pengelolaaan keuangan adalah selalu mencatat pemasukan dan rencana pengeluaran setiap bulan. Anda perlu mencatat dan disiplin menyisihkan dana untuk tabungan, asuransi, dan investasi.

4. Konsisten Menabung
Sikap konsisten adalah hal terpenting yang perlu diterapkan dalam menabung. Anda tidak harus menargetkan tabungan dengan nominal yang besar, karena hanya akan membuat beban Anda menjadi semakin besar sehingga berakhir tidak konsisten.

5. Mencoba Berinvestasi
Jika jumlah tabungan Anda memiliki nilai lebih dari inflasi negara (5 persen per tahun), maka pengelolaan keuangan Anda dapat dikatakan berhasil. Untuk itu, Anda dapat mulai membeli rumah atau reksa dana dari penghasilan Anda per bulan. Menurut Ka Jit, nilai rumah tersebut akan semakin naik per tahunnya sehingga uang yang Anda investasikan pun semakin berkembang setiap tahunnya.

 

Teks: Aniza Pratiwi

BAGIKAN HALAMAN INI: