6 Cara Mudah Kembalikan Fokus Dengan Digital Detox

Pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan modern memberi banyak kemudahan. Namun di sisi lain, gaya hidup digital memberi berbagai dampak negatif. Maybe it’s time for you to do the digital detox!

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, penerapan digital detox pun menjadi kebutuhan penting yang semakin Anda perlukan. Dengan melakukannya, Anda dapat mengantisipasi bahaya fear of missing out (FOMO) di tengah banjirnya informasi yang semakin cepat tersebar. Jangan lupakan juga adanya bahaya internet addiction yang dapat menyebabkan masalah akibat penggunaannya yang terlalu berlebihan. Jika dapat mengatasi bahaya tersebut, tentunya Anda dapat memanfaatkan waktu secara bijak dan optimal.

Digital detox memberikan banyak manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menjalaninya. Sederhananya, Anda dapat menggunakan waktu luang tanpa menatap layar untuk berbagai kegiatan yang Anda sukai. Selain itu, Anda juga akan merasakan ketenangan tersendiri selama Anda tidak menghadapi digital noise apapun. Anda pun harus fokus terhadap hal-hal yang ada dalam kehidupan nyata di depan Anda. Tak ketinggalan, yang terpenting adalah rasa stres yang Anda miliki dapat berkurang, serta fisik dan moral Anda akan menjadi lebih sehat.

Cara Mudah Memulai Digital Detox:

1. Untuk permulaan, rencanakan percobaan digital detox dalam waktu satu jam. Kemudian Anda dapat menambahkan waktunya secara berkala. Waktu yang paling maksimal untuk menerapkan digital detox adalah saat akhir pekan, apalagi bagi Anda para perempuan karier.

2. Cobalah untuk tidak menatap layar digital selama satu jam sebelum waktu tidur. Hal ini dapat Anda terapkan setiap hari menjelang tidur. Selain melatih kebiasaan Anda untuk terlepas dari gadget, tidak menatap layar kaca sebelum tidur dapat mengurangi risiko Anda untuk terpapar radiasi.

3. Habiskan akhir pekan dengan penggunaan teknologi digital seminimal mungkin. Akhir pekan dapat Anda manfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga, melakukan kegiatan di luar ruangan, atau pun bertemu dengan teman-teman. Trus me, it will be more fun to enjoy the nature.

4. Usahakan berkomunikasi pada seseorang dengan menemuinya secara langsung jika memungkinkan. Tidak semuanya yang Anda utarakan melalui ponsel dapat dipahami dengan baik oleh lawan bicara Anda. Manfaatkan kemungkinan tersebut untuk meningkatkan proses digital detox Anda dengan bertemu langsung dengan orang yang bersangkutan.

5. Beritahukan orang-orang terkait rencana digital detox Anda, jika nantinya ada keperluan mendadak. Jangan sampai membuat orang-orang terdekat Anda khawatir karena Anda tidak mengangkat telepon atau emmbalas pesan mereka.

6. Berkomitmenlah pada diri sendiri terkait rencana detox yang sudah Anda persiapkan. Well, this is the most important thing.

Go plan your digital detox and feel the effect!

 

 

Teks: Shafina Rahmanida

BAGIKAN HALAMAN INI: