7 Perempuan Paling Menginspirasi di Dunia

Di tahun 2017 ini, sudah begitu banyak perempuan yang membuat gebrakan di panggung internasional. Kami memilih 7 perempuan yang begitu menginspirasi.

Nadia Murad

Image: REUTERS/Lucas Jackson

Pada tahun 2015, Nadia Murad berbicara mengenai perdagangan manusia dan konflik di hadapan Dewan Keamanan PBB dan resmi menjadi Goodwill Ambassador bagi pejuang perdagangan manusia yang pertama untuk PBB sejak September 2016. Di usia 19 tahun, Nadia adalah seorang mahasiswi yang tinggal di Desa Kocho di Sinjar, Irak Utara ketika pejuang Negara Islam menyerang masyarakat Yazidi. Ia ditangkap bersama lebih dari 6.700 perempuan lainnya di penjara di Irak. Pada tahun 2014, ia berhasil melarikan diri dan dibawa oleh tetangganya yang berhasil mengeluarkan Nadia dari wilayah Negara Islam dan membawanya ke tempat pengungsian di Duhok, Irak Utara lalu ke Stuttgart, Jerman. Kini ia adalah seorang aktivis HAM di Irak.

Angelina Jolie

Peraih penghargaan Academy Award untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik di tahun 2000 ini juga merupakan seorang aktris yang peduli terhadap isu kemanusiaan, termasuk hak asasi manusia dan hak-hak perempuan. Di tahun 2017, Angelina Jolie kembali menunjukkan kepedualiannya dengan mendukung upaya penuntutan kasus praktik kawin paksa selama rezim ultra-Maois yang terjadi antara tahun 1975 dan 1979.

Viola Davis

Image: Getty Images

Viola Davis terpilih menjadi salah satu Amazing Women versi Marie Claire Indonesia karena ia berhasil menjadi perempuan kulit hitam pertama yang mendapat tiga nominasi dalam ajang penghargaan Academy Awards, memenangkan satu piala Academy Awards dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik di tahun 2017 untuk perannya dalam film adaptasi, Fences, dan ia juga masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Ashley Graham

Model asal Nebraska ini berhasil membuat gebrakan dengan menjadi model plus-size pertama yang tampil dalam kampanye pakaian renang tahunan dengan isu #CurvyInBikini dan menjadi model sampul majalah Vogue. Ia telah berhasil menginspirasi banyak perempuan bertubuh curvy sepertinya untuk lebih percaya diri dan mencintai tubuh mereka apa adanya.

Amal Clooney

Amal Clooney adalah seorang pengacara yang fokus di bagian hukum internasional dan hak asasi manusia. Ia terkenal dengan aksinya yang berani dalam membela kliennya. Pada September 2016, ia untuk pertama kalinya berbicara di PBB di depan  United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) mengenai keputusannya untuk membela Nadia Murad melawan pimpinan dari ISIS dalam kasus pemerkosaan massal dan perbudakan.

Lynsey Addario

Image: Jehad Nga

Lynsey Addario adalah satu dari sedikit fotografer perempuan yang berfokus di daerah konflik. Pengalamannya tersebut terangkum dalam sebuah buku yang ia tulis sendiri berjudul It’s What I Do: A Photographer’s Life of Love and War. Kisahnya yang menginspirasi juga membuat sutradara Stephen Spielberg membuat film tentang Lynsey yang akan diperankan oleh Jennifer Lawrence.

Adele

Image: Billboard.com

Di awal tahun 2017, Adele berhasil memborong lima penghargaan dalam ajang penghargaan musik ternama, Grammy Awards 2017 untuk albumnya 25 dan lagu Hello. Namun ia tak segan menunjukkan kekagumannya dengan mempersembahkan kemenangan tersebut untuk Beyoncé yang menjadi inspirasi terbesarnya. “Idola utama dalam hidup saya adalah Beyoncé. Album Lemonade milik Anda sangat luar biasa. Cara Anda menyampaikannya membuat saya, teman-teman dan masyarakat kulit hitam merasakan maknanya yang begitu dalam. Anda berhasil membuat mereka berani membela diri,” ucap Adele.

BAGIKAN HALAMAN INI: