Sejarah Kamboja Dalam Film Angelina Jolie

Photo by : popsugar

Photo by : popsugar

Aktris Angelina Jolie melakukan promo film terbarunya, First They Killed My Father bersama dengan ke enam anaknya, yakni Maddox, Pax, Zahara, Shiloh, dan si kembar Knox dan Vivienne di Kamboja pada 19 Februari 2017. Promo film ini terasa lebih spesial, karena salah satu anak Jolie yakni Maddox lahir di Kamboja, sementara Pax ikut berperan dalam film yang disutradarai oleh ibunya tersebut. Kemunculan Jolie pada promo film tersebut juga menjadi yang pertama sejak kabar perceraian yang menimpanya pada September tahun lalu.

Film ke-empat yang disutradai oleh Jolie ini mengisahkan mengenai aksi genosida yang dilakukan oleh rezim Khmer Merah yang diangkat dari sudut pandang mata anak Kamboja. Selama ini, banyak penduduk Kamboja yang tidak mengetahui secara jelas peristiwa yang telah menewaskan lebih dari dua juta orang di negara yang pernah mengalami catatan sejarah mengenai genosida. Namun, melalui film ini masyarakat Kamboja dapat mengetahui dan mempelajari mengenai sejarah negara mereka dengan lebih detail.

Film ini diadaptasi dari sebuah buku berjudul yang sama merupakan autobiografi dari Loung Ung, warga Kamboja yang menjadi saksi hidup dalam peristiwa bersejarah tersebut. Di usia lima tahun, Loung Ung dan keluarganya dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka di Phnom Penh oleh Khmer Merah pada akhir tahun 1970.

“Saya membaca buku Loung beberapa tahun lalu. Buku itu membantu saya untuk membuka mata atas apa yang terjadi di dunia,” ucap Jolie dalam konferensi pers. “Saya ingin memberitahukan sebuah cerita melalui sudut pandang seorang anak, kecintaannya terhadap keluarga, menunjukkan keindahan dari negara ini dan memahami apa yang telah dilalui oleh orang tua Maddox,” ucap Jolie.

Dalam film ini, Jolie hanya menggunakan aktor Kamboja sebagai pemeran yang beberapa diantaranya merupakan orang yang selamat atau anak-anak dari para korban genosida. Jolie menuturkan bahwa Maddox banyak membantunya dalam proses pembuatan film ini. “Maddox adalah yang pertama mengusulkan hal itu dan dia bilang bahwa dia siap dan ingin ikut terlibat dalam film ini. Maddox juga membantu dengan beberapa catatan dan ikut dalam pembahasan mengenai film ini,” ucap Angelina Jolie.

Jolie juga mengutarakan kebahagiaannya karena dapat berkunjung ke Kamboja yang baginya sudah seperti rumah keduanya. “Negara ini (Kamboja) memberi saya pencerahan dan kesadaran. Saya akan selalu berterima kasih pada negara ini. Saya mungkin tidak akan dapat membalas apa yang sudah diberikan negara ini kepada saya,” ucap Jolie kepada BBC World News.

First They Killed My Father diputar perdana di Kuil Angkor Wat di Siem Reap pada 18 Februari 2017. Lokasi ini merupakan lokasi yang sama ketika Tom Raider difilmkan pada 2001. First They Killed My Father dijadwalkan akan rilis global via Netflix di akhir tahun ini.

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.