Aspirasi Politik di New York Fashion Week

Suasana politik Amerika yang tengah memanas karena kebijakan-kebijakan kontroversial Presiden Donald Trump turut memengaruhi panggung New York Fashion Week S/S’17. Melalui rancangan-rancangan busana, berbagai label menyuarakan pesan-pesan yang berkaitan dengan isu politik maupun topik lainnya.

Pada show Jonathan Simkhai, tiap tamu yang duduk di front row mendapat sebuah t-shirt bertuliskan, `Feminist AF`. Notes yang disertakan bersama kaos itu menjelaskan bahwa ia ingin menggambarkan perempuan sebagai kekuatan yang harus disadari. Pada akhir peragaan busana, ia pun muncul dipanggung dengan mengenakan kaos tersebut.

Koleksi pertama Raf Simon’s untuk Calvin Klein berisi bandana putih dengan hashtag #tiedtogether, yang merupakan dukungan terhadap inklusivitas. Sementara itu, label public school menampilkan topi berisi slogan politis dengan iringan lagu This Land is Your Land. Christian Siriano pun melakukan aksi serupa dengan menampilkan kaos bertuliskan People are People, begitu juga Prabal Gurung yang melakukan aski serupa dengan desain bertulisan  Girls Just Want To Have Fundamental Rights. This is what’s so called fashion activism.

BAGIKAN HALAMAN INI: