Awal Baru Bagi Perempuan Kuno Nepal

Image: Navesh Chitrakar/Reuters

Di sebagian daerah, beberapa suku diketahui masih rutin melakukan tradisi kuno yang mereka miliki. Begitupun juga dengan sekelompok orang di Nepal yang masih menerapkan tradisi kuno Hindu, Chaupadi. Salah satu tradisinya berkaitan dengan perempuan yang sedang menstruasi, masih dilakukan di wilayah Nepal bagian Barat yang terpencil dan menyebabkan kematian dua remaja perempuan. Oleh karena itu, pada tahun depan, pihak pemerintah Nepal akan melakukan sebuah kampanye sosial untuk memperkenalkan hukum baru terkait hal tersebut.

Tradisi Chaupadi mengharuskan para perempuan yang sedang menstruasi dikurung di sebuah kandang binatang demi menjaga kebersihan rumah mereka. Nyatanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tradisi ini dapat menyebabkan penyakit fisik maupun psikologis. Buktinya dapat dilihat dari salah satu korban yang meninggal dunia karena tergigit ular ketika ia dipaksa tidur di sebuah kandang. Ditambah lagi dengan buruknya ventilasi dan sanitasi kandang atau gubuk yang harus mereka tempati. Oleh karena itu, Mahkamah Agung menetapkan larangan terhadap tradisi tersebut sejak tahun 2005 lalu.

Menurut hukum yang berlaku, siapapun yang menerapkan kebiasaan tersebut akan menghadapi hukuman penjara selama tiga bulan dan denda sebesar 3000 nepal rupee atau sekitar 400.000 rupiah. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan perempuan di Nepal. Peraturan ini sebenarnya sudah disambut baik oleh pemerintah, namun sekelompok orang tersebut perlu diberikan program edukasi terlebih dahulu untuk mengubah perilaku dan sikap mereka.

Wateraid, salah satu badan amal internasional, mengatakan bahwa hukum tersebut harus selaras dengan edukasi terkait kebersihan menstruasi dan aktivitas yang meningkatkan kesadaran lainnya. “Hukum baru ini merupakan langkah yang positif dan menunjukkan komitmen serius untuk membawa sebuah akhir dari kebiasaan kuno yang berdampak buruk pada kehidupan perempuan,” ungkap Tom Palakudiyil, pimpinan Wateraid wilayah Asia Selatan.

 

Teks: Shafina Rahmanida

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.