Coach Akuisisi Kate Spade Senilai 2,4 Milyar Dollar Amerika

Apa jadinya bila dua fashion label asal New York bersatu? Pertanyaan tersebut terjawab oleh Coach yang telah secara resmi membeli saham Kate Spade seharga 2,4 milyar dollar. Langkah akuisisi ini dilakukan Coach untuk meraih basis konsumen dengan demografi lebih muda yang dimiliki Kate Spade. Coach dan Kate Spade sendiri merupakan high brand asal New York dengan basis segmentasi konsumen loyal yang unik. Bila Coach kerap dikenal dengan produk leathergoods dan kini berekspansi untuk merambah lini ready-to-wear, maka Kate Spade memiliki penggemar akan perempuan muda bersahaja yang menyukai desain playful nan fun. Kabarnya, persetujuan ini terjadi sesaat setelah Coach berkolaborasi dengan Selena Gomez untuk memasarkan brand-nya ke generasi milenial. Atas langkah akuisisi ini, Victor Luis selaku CEO Coach pun turut mengutarakan alasan perusahaan naungannya untuk membeli saham Kate Spade. “Kate Spade merupakan brand kuat yang memposisikan konsistensi desainnya sebagai suatu identitas sehingga dapat terus mengatribusi sisi fashionable, fun, feminin, dan terus berkembang demi kepuasan kaum millenial,” ungkap Victor.

Coach telah semakin berkembang di bawah arahan Stuart Vevers yang didaulat untuk memimpin direksi kreatif pada tahun 2013 silam. Fokusnya yang kerap menampilkan estetika fantasi dan whimsical pada kreasi – kreasi leathergoods Coach lewat kolaborasinya dengan banyak seniman, membuat Coach semakin diminati oleh kaum milenial. Pangsa tersebut pun semakin dibuat intens ketika Stuart khusus menghadirkan lini Coach 1941 sebagai lini ready-to-wear eksklusif dengan desain yang didominasi oleh bomber jacket hingga biker jacket yang edgy untuk tampilan preppy rebel khas. Hingga kemudian, menjadikan Selena Gomez yang  menjadi idola generasi milenial menjadi salah satu tanda fokus ini. Tentu, terdapat tafsiran lain mengenai hal tersebut. Selena yang juga menjadi pemilik akun Instagram dengan pengikut terbanyak, seakan menandakan bahwa Coach ingin pula merambah popularitas di media sosial.

Kerja sama antara kedua brand tersebut masih menjadi kabar yang mengherankan, bahkan muncul kontradiksi, karena Coach dan Kate Spade sudah dipastikan memiliki DNA yang jauh berbeda. Kecemasan ini muncul dari opini-opini beberapa konsumen, karena ketakuan akan kedua desain yang saling mempengaruhi satu sama lain. Kate Spade dikenal sebagai brand yang unik, kaya akan motif, seperti stripes, polka dots, warna-warna cerah. Bahkan tas tangan yang dihasilkan selalu hadir dalam bentuk hewan yang menggemaskan atau bermain dengan berbagai slogan dan frase yang fresh. Sedangkan Coach merupakan brand dengan gaya klasik yang berbahan dasar kulit dan telah menempatakan namanya dalam hitungan luxury marketWe can only wonder what Coach’s next move and Kate Spade under them will be.

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.