Dr. Kevin A. Maharis, Aesthetic Physician

Ask The Expert: Dr. Kevin A. Maharis, BMedSc, DipDerm (UK)

Aesthetic Physician

Permasalahan kulit kepala yang berujung pada kerontokan rambut memang sering ditemukan. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami hal tersebut. Dalam hal ini, kulit kepala yang mengalami masalah tidak hanya bisa menganggu kesegaran rambut, namun juga bisa membuat krisis percaya diri karena kulit kepala gatal seringkali mengakibatkan serpihan putih di kepala. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, Marie Claire berkesempatan berbincang langsung dengan Dr. Kevin A. Maharis.

MC : Apa yang menyebabkan kulit kepala menjadi tidak sehat?

KM: Perubahan cuaca, hormonal imbalance akibat stres atau pola hidup yang tidak sehat (kekurangan konsumsi vitamin), over-treatment terhadap rambut (pemakaian hair products berlebih, coloring, perming)  dan pemakaian produk permbersih rambut yang tidak cocok atau memang mengalami penyakit di area kulit kepala.

MC: Apakah kulit kepala yang tidak sehat memicu terjadinya kerontokan rambut?

KM: Ya. Kerontokan rambut merupakan gejala awal yang umum ditemukan. Apabila dibiarkan dapat bertambah parah bahkan bisa menyebabkan kerontokan permanen.

MC : Bagaimana cara merawat kulit kepala dan rambut agar terbebas dari kerusakan?

KM: Pertama dengan mencari faktor pencetus misalnya kalau rambut mulai rontok atau rusak sejak sering di warnai, nah kebiasaan tersebut sebaiknya dihentikan. Untuk gejala awal kulit kepala yang sensitif biasanya dengan menggunakan home-remedy yang sudah terkenal baik dari dulu untuk kulit kepala itu adalah lidah buaya. Lidah buaya ini mengandung anti-inflamsi alamiah sekaligus memberikan kelembapan yang menghidrasi pada kulit kepala tanpa membuatnya semakin berminyak. Nah jika kerontokan dan ketombe terjadi terus menerus sebaiknya konsultasikan ke dokter karena bisa jadi merupakan bagian dari penyakit kulit seperti allopecia atau dermatitis seborrheic.

MC: Saran apa yang Dokter anjurkan untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan rambut?

KM: Pilih produk pembersih rambut yang tepat (ada banyak produk pembersih yang ditujukan untuk rambut berketombe, kulit sensitive, berminyak, rambut yang sering diwarnai), pilih yang tepat untuk tipe rambut masing-masing. Hindarkan faktor pencetus apabila gejala rambut tidak sehat mulai ada. Healthy lifestyle dan healthy nutrition sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam. Apabila gejala-gejala rambut tak sehat sudah berlangsung lebih dari satu bulan sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan jangan tunggu sampai kondisi sudah mulai parah.

 

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.