Empat Faktor Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker paling umum pada perempuan secara global dan telah menyentuh banyak orang setiap harinya. Walaupun hingga saat ini belum diketahui penyebab pastinya, dan pada setiap orang bisa dengan penyebab berbeda-beda, namun ada 4 faktor yang patut Anda ketahui yang bisa membuat Anda berisiko terkena kanker payudara.

Sejarah Keluarga

Memiliki satu anggota keluarga derajat pertama ( ibu, adik, kakak perempuan atau anak perempuan) dengan kanker payudara memberi risiko kanker payudara dua kali lipat. Memiliki dua anggota keluarga derajat pertama dengan kanker payudara memberi risiko kanker payudara tiga kali lipat.

Usia

Risiko kanker payudara meningkat saat perempuan beranjak usia. Sekitar 1 dari 8 kanker payudara ganas ditemukan pada perempuan di bawah 45 tahun. Sementara 2 dari 3 kanker payudara ganas ditemukan pada perempuan berusia 55 tahun dan di atasnya.

Genetik

Sekitar 5% hingga 10% kasus kanker payudara dinilai turun temurun, hasil langsung dari cacat gen yang diturunkan oleh orang tua. Penyebab kanker payudara turun temurun yang paling umum adalah warisan mutasi pada gen BRCA1 dan BRCA2

Gaya Hidup

Konsumsi alkohol dan berat badan berlebih atau obesitas setelah menopause bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Bukti bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker payudara semakin banyak.

(Sumber:  Estee Lauder Companies & American Cancer Society)

BAGIKAN HALAMAN INI: