Empat Peneliti Perempuan Kembali Raih Penghargaan

Peneliti perempuan Indonesia kembali mendapat apreasiasi melalui penghargaan L’Oreal-Unesco for Women in Science National Fellowship Awards 2017. Penghargaan terhadap peneliti perempuan tersebut tahun ini dimenangkan oleh empat peneliti dari kategori Life Sciences dan Material Sciences yang diumumkan pada 9 November 2017 lalu.

Retno Wahyu Nurhayati Ph.D dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga merupakan pemenang penghargaan termuda sejak ajang ini digelar, meraih penghargaan atas penelitiannya terhadap sel punca yang sangat dibutuhkan dalam dunia medis. Ia membuat penelitian untuk memaksimalkan bekerjanya sel punca sehingga lebih mudah diterima ketika didonorkan dari satu orang ke orang lain.

Retno Wahyu Nurhayati Ph.D

Yulia Yusrini Djabir Ssi, Msi, MBmSc, Ph.D Apt juga merupakan pemenang dari kategori life science dengan penelitian yang berfokus pada evaluasi salah satu teknik dalam penanganan pasien henti jantung.

Yulia Yusrini Djabir Ssi, Msi, MBmSc, Ph.D Apt

 

Sementara itu, penghargaan kategori material sciences diraih oleh Dr. Yuliati Herbani yang membuat penelitian mengenai penanganan kanker serviks dan kanker payudara melalui sintesis nanopartikel kurkumin-emas, dan Dr. Siti Nurul Aisyiyah Jenie yang penelitiannya bertujuan untuk mendeteksi dini adanya penyakit kanker pada tubuh manusia yang nantinya diharapkan mengurangi beban ekonomi pasien.

Dr. Siti Nurul Aisyiyah Jenie

 

Dr. Yuliati Herbani

Keempat perempuan peneliti ini akan mendapatkan dana sebesar Rp 80 juta untuk kelangsungan penelitian mereka.

Umesh Phadke, Presiden Direktur L’Oreal Indonesia mengungkapkan bahwa masyarakat perlu mendukung para perempuan peneliti. “Apa yang mereka lakukan bukan hanya bermanfaat untuk kehidupan pribadinya, tapi juga kehidupan orang banyak. Oleh karena itu, melalui penghargaan L’Oreal Unesco for Women in Science National Fellowship Award 2017, kami ingin mendukung perempuan dalam sains karena kontribusi besar mereka tidak boleh diabaikan. Mari merayakan peran mereka sebagai inspirasi yang telah mempertegas pentingnya sains untuk masa depan dan untuk mendorong mereka mengejar karier di bidang sains.”

BAGIKAN HALAMAN INI: