Mengenal Sosok Perempuan Menteri Termuda di Dunia

Photo: Twitter Dubai Media Office

Another news for women empowerment! Seorang perempuan bernama Shamma Al Mazrui yang kini menduduki jabatan Menteri Pemuda Uni Emirat Arab menunjukkan dirinya sebagai menteri termuda yang pernah ada di dunia. Di usianya yang ke-23 tahun, prestasi Shamma tersebut resmi akan memasuki Guinness Book of World Records 2018.

Hal ini sekaligus menandakan bahwa Shamma telah menggantikan posisi Sebastian Kurz sebagai Menteri Luar Negeri Austria pada usianya yang ke-27 tahun dan Aida Hadzialic yang berusia 26 tahun ketika bertanggung jawab atas Kementerian Pendidikan Swedia. Terkait prestasi tersebut, ia menyatakan, “Pengumuman tersebut telah mengubah hidup saya dengan seketika. Dari kehidupan pribadi menjadi kehidupan publik dan tantangan serta tanggung jawab yang besar.”

Photo: Antonie Robertson/The National

Sejak tahun 2016, Shamma sendiri telah menjabat sebagai Menteri Pemuda Uni Emirat Arab ketika dirinya berusia 22 tahun. Dengan kedudukan ini, Shamma memiliki tanggung jawab yang berfokus pada berbagai aspirasi dan isu-isu berkaitan pemuda di negara tersebut. “Pemuda merepresentasikan separuh dari masyarakat Arab kami, jadi hal ini hanya masuk akal dengan memberikan mereka suara dan peran dalam memerintah negara,” ujar Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum selaku Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab.

Perempuan yang lahir dan dibesarkan di Abu Dhabi ini pun merupakan lulusan sarjana ekonomi dari New York University Abu Dhabi dan meraih gelar magister kebijakan publik di Universitas Oxford pada tahun 2015 sebagai pemegang beasiswa Rhodes pertama.

BAGIKAN HALAMAN INI: