Mental Health: 10 Tips Penting untuk Keseimbangan Hidup

Photo: Getty/Squaredpixels

“Tidak ada yang bisa disalahkan dari gangguan mental, namun stigma dan bias yang menyalahkan kita semua.” –Bill Clinton

Semua orang perlu mengetahui pentingnya meningkatkan kesadaran terhadap isu kesehatan mental serta sama-sama berusaha mendukung kesehatan mental. Gangguan mental sendiri adalah kondisi yang mempengaruhi bagaimana Anda berpikir, merasa, bertindak, atau berhubungan dengan orang lain di sekitar Anda. Semua itu merupakan hal yang biasa, karena banyak orang mengalaminya maupun mengenal orang yang mengalaminya. Terdapat gejala yang beragam, mulai dari ringan hingga berat. Gejala yang mereka hadapi pun juga berbeda-beda.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang berlangsung pada 10 Oktober 2017, berikut 10 tips yang penting untuk kesehatan mental Anda berdasarkan National Council for Community Behavioral Healthcare.

1. Hargai diri Sendiri
Perlakukanlah diri Anda dengan kebaikan dan respect. Hindari untuk selalu menyalahkan diri sendiri. Cobalah melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan kembangkan hobi Anda.

2. Merawat Tubuh
Tingkatkan kesehatan mental dengan merawat tubuh. Pastikan untuk makan makanan yang bergizi, olahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, dan banyak meminum air putih.

3. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang baik
Pada umumnya, orang-orang dengan hubungan sosial yang kuat lebih sehat dibandingkan mereka yang kurang memiliki jaringan sosial. Untuk itu, sebaiknya Anda harus menjaga relasi yang selalu mendukung Anda dengan semaksimal mungkin.

4. Berbuat baik pada orang lain
Dengan berbuat baik pada orang lain, Anda dapat memiliki kepuasan tersendiri dalam diri Anda. Maka, perbanyaklah kesempatan menyalurkan energi Anda untuk menolong orang-orang yang membutuhkan.

5. Hadapi stress dengan senyuman dan tertawa
Dalam menjalani hidup, tentunya Anda pernah mengalami tekanan-tekanan yang membuat Anda merasa stress. Mengingat terdapat penelitian yang menyatakan tertawa dapat mengurangi stress, maka Anda harus menghadapinya dengan senyuman dan tawa.

6. Menenangkan pikiran
Nyatanya, penelitian telah membuktikan bahwa meditasi dapat membantu Anda merasa tenang dan menambah efek terapi. Selain itu, Anda pun dapat meningkatkan pola pikir dan cara pandang terhadap kehidupan dengan melakukan olahraga relaksasi serta berdoa.

7. Rencanakan tujuan yang realistis
Dalam menjalani hidup, Anda dapat menentukan cita-cita yang tinggi, namun tetap realistis dan tidak terlalu mengatur. Anda perlu menentukan apa yang ingin Anda capai secara akademis, profesional, maupun personal. Tak ketinggalan, Anda pun harus menikmati sensasi dalam menjalani proses untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

8. Cobalah hal baru
Mencoba hal baru dapat menjadi hal yang selalu terasa menyenangkan bagi kebanyakan orang. Meski menjalani rutinitas memberikan Anda perasaan yang aman, Anda juga harus mencoba sedikit keluar dari comfort zone dengan melakukan perubahan kecil dalam kegiatan Anda.

9. Hindari alkohol dan obat-obatan
Alkohol dan obat-obatan hanyalah memperburuk masalah yang Anda miliki. Untuk itu, Anda perlu menjaga penggunaan alkohol seminimal mungkin dan menghindari obat-obatan terlarang.

10. Mencari pertolongan ketika Anda membutuhkan
Mencari pertolongan merupakan sebuah tanda kekuatan, bukanlah kelemahan. Menerima perawatan tertentu adalah hal efektif yang dapat Anda peroleh dalam menghadapi gangguan mental. Orang-orang yang dirawat dengan baik terbukti dapat sembuh dari gangguan mental sehingga dapat menjalani hidup yang sepenuhnya berharga.

So, healthy mind plus healthy body gets you the balanced life!

BAGIKAN HALAMAN INI: