Ratusan Perempuan dan Ribuan Anak Meninggal Setiap Hari di Nigeria


Di tahun 2017, jutaan anak di Nigeria terancam akan kematian akibat gizi buruk dan penyakit yang dapat dicegah oleh vaksin.

Hal tersebut terjadi akibat pemimpin negara tersebut, Presiden Buhari belum dapat memenuhi janjinya untuk mengurangi kematian ibu dan anak serta memberikan perawatan kesehatan secara universal karena anggaran kesehatan di Nigeria pada tahun 2017 dinilai tidak mencukupi.

Anggaran kesehatan tahun ini hanya sebesar 4.17% dari anggaran nasional, yang mengalami peningkatan 4% dari tahun 2016. Jika dilihat dari nilai Naira ke Dollar saat ini, para ahli mengatakan jika jumlah tersebut masih terbilang lebih rendah dari tahun 2016.

Data survei pada tahun 2013 yang dilakukan oleh National Demographic Health Survey menyatakan angka kematian ibu dan anak di Nigeria merupakan yang terburuk dengan jumlah 111 perempuan meninggal setiap harinya akibat kehamilan serta 2.300 kematian anak.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa Nigeria membutuhkan lebih banyak suntikan dana kesehatan. “Usulan dana kesehatan di tahun 2017 hanya 4,17% yang nilainya masih jauh dari perkiraan dana seharusnya. Hal ini sangat menyedihkan mengingat negara-negara Afrika lainnya dengan pemasukan yang sangat rendah seperti Ethiopia dan Afrika Selatan. Mereka mampu mendapatkan kenaikan anggaran dengan jumlah 12 sampai 15 persen pertahunnya,” ungkap salah satu praktisi kesehatan dari The Partnership for Advocacy in Child and Family Health (PACFaH).

Dengan resesi yang terus meningkat dan adanya konflik di kawasan timur dan utara, tidak diragukan lagi jika banyak anak Nigeria akan mengalami kelaparan dan kekurangan gizi tahun ini kecuali ada intervensi yang mampu mendesak.

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.

What’s On