Rihanna Sumbangkan Sepeda untuk Siswa Perempuan Malawi

Image: Dennis Leupold

Dalam sebuah kerja sama baru bertajuk 1 KM Action yang diumumkan 1 Agustus lalu, Rihanna melalui Clara Lionel Foundation turut berperan serta dalam mendukung pendidikan di Malawi. Menurut marieclaire.co.uk, kegiatan amal ini ditujukan untuk Malawi sebagai salah satu dari 10 negara termiskin di dunia. Dengan kondisi tersebut, Malawi patutnya membutuhkan peningkatan signifikan menuju pengembangan dan mengurangi kemiskinan dengan cara mendorong sektor pendidikan.

Dari 4,6 juta anak yang duduk di bangku sekolah dasar, tingkat dropout-nya menunjukkan persentase tinggi terhadap siswa perempuan yang berhenti sekolah. Bahkan hanya 8% siswa di Malawi yang mampu melanjutkan ke sekolah menengah. Alasan utama yang menyebabkan tingginya persentase tersebut adalah kehamilan dan pernikahan dini.

Hal ini berhubungan dengan kekurangan sekolah menengah yang berada di wilayah pedalaman. Para siswa perempuan terpaksa harus melalui jarak jauh untuk memperoleh pendidikan. Sehingga membuat mereka yang bepergian sendiri menjadi rentan untuk mengalami eksploitasi dan kekerasan.

Untuk menjawab permasalahan ini, Rihanna dan yayasannya tersebut bekerja sama dengan Ofo, sebuah perusahaan berbagi sepeda dari Beijing, untuk menyumbangkan sepeda kepada para siswa perempuan agar mereka dapat pergi ke sekolah dengan aman. Sepeda yang disumbangkan pada periode pertama kini telah dikirimkan.

Penyanyi perempuan yang aktif menggerakkan usahanya untuk kepentingan filantropi dan pendidikan ini mengatakan, “Hal ini akan membantu banyak sekali generasi muda di seluruh dunia menerima pendidikan yang berkualitas dan juga membantu perempuan muda di Malawi agar dapat pergi ke sekolah dengan aman.”

 

Teks: Shafina Rahmanida

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.