Tingkatkan Produktivitas dengan Pomodoro Technique

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan menuntut Anda untuk mengerjakannya secara cepat. Namun, tiba-tiba ada panggilan telpon mendesak, meeting mendadak, dan Anda harus menggantikan rekan yang sedang sakit untuk presentasi. Semua itu harus Anda kerjakan dalam waktu bersamaan. Untuk mengatasinya dan memberikan hasil maksimal, Anda perlu mencoba Pomodoro Technique.

Pomodoro Technique merupakan sebuah manajemen waktu yang dibuat oleh Francesco Cirillo seorang pengembang software Italia pada 1980. Pada awalnya, Francesco menggunakan penghitung waktu berbentuk tomat untuk membantunya meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Francesco kemudian membuat setelan waktu untuk bekerja selama 25 menit pertama tanpa gangguan dan beristirahat 5 menit setelahnya. Hasilnya, metode ini benar-benar dapat membantu produktivitasnya.

Pomodoro atau dalam bahasa Italia disebut dengan Tomato (tomat) merupakan metode manajemen waktu yang mengatur produktivitas Anda di 25 menit pertama tanpa gangguan yang dilanjutkan dengan 5 menit istirahat. Kemudian, diulang sampai dengan empat kali yang setelah itu Anda diperbolehkan untuk beristirahat selama 15-30 menit. Metode ini telah banyak dipraktikan oleh para pekerja di Eropa dan terbukti dapat meningkatkan efektivitas waktu dan pekerjaan mereka. Anda pun bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa tahapan berikut ini.

Buat Prioritas

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan prioritas tugas yang akan Anda kerjakan terlebih dulu. Pastikan bahwa pekerjaan yang dipilih merupakan yang terpenting dan harus diselesaikan dengan segera. Setelah prioritas, Anda juga disarankan untuk membuat list tugas yang akan Anda kerjakan.

Atur Waktu

Anda perlu mengatur waktu pada alat penghitung waktu yang digunakan, seperti timer, stopwatch atau alat lainnya dan pastikan untuk menggunakan getar atau bunyi yang dapat menjadi penanda waktu. Untuk Podomoro, waktu yang diatur adalah untuk 25 menit. Namun, waktu ini bisa disesuaikan dengan perkiraan dari seberapa sulit tugas yang Anda kerjakan. Kemudian, pastikan tidak akan ada gangguan apapun ketika Anda akan mengerjakan tugas utama, sehingga Anda dapat berkonsentrasi penuh untuk dapat menyelesaikannya tepat waktu.

Istirahat Sejenak

Setelah sukses menjalankan 25 menit pertama Anda dengan teknik ini, Anda disarankan untuk beristirahat selama 5 menit. Waktu istirahat ini dapat Anda gunakan untuk mengalihkan mata Anda sejenak dari layar komputer. Pastikan pula untuk menceklis tugas yang telah Anda selesaikan.

Teknik ini dapat Anda gunakan untuk beberapa tugas, tergantung dari banyaknya tugas yang Anda tuliskan dalam list. Setelah empat kali melakukan fokus waktu 25 menit, Anda disarankan untuk mengambil istirahat 15-30 menit. Selanjutnya, lakukan re-check atas daftar tugas dan lakukan kembali ke tahapan pertama.

BAGIKAN HALAMAN INI: