Sleep Tight: 5 Tips Tingkatkan Kualitas Tidur

tips meningkatkan kualitas tidur

tips meningkatkan kualitas tidur

Pernahkah Anda terbangun dari tidur panjang, tetapi malah merasa lebih letih dibanding sebelumnya? Durasi tidur memang tidak menjamin kualitasnya. Di bawah ini adalah 5 tips meningkatkan kualitas tidur yang dapat Anda lakukan untuk menambah efektivitas jam tidur.

Rileks
Keadaan kamar yang sejuk memudahkan Anda untuk tidur lebih cepat. Pastikan juga cahaya yang masuk tidak menusuk mata dan tidak ada suara yang terlalu keras di sekitar. Keadaan yang demikian mengirimkan pesan kepada tubuh untuk rileks dan siap beristirahat.

Ritual Tidur
Coba ciptakan ritual harian sebelum tidur, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang berirama pelan, atau menikmati bacaan ringan.

Jadikan Tidur sebagai Prioritas
Sayangi diri Anda. Bayangkan handphone Anda yang digunakan seharian tanpa di charge, seperti itu juga tubuh setelah seharian bekerja. Kadang-kadang ada keinginan untuk meneruskan aktivitas yang tertunda, namun yang harus Anda ingat adalah kondisi prima dan semangat baru yang didapat setelah tidur malam yang cukup.

Clean Up
Budaya membersihkan diri sebelum tidur mungkin sudah diajarkan sejak kecil. Nyatanya, membershikan diri sebelum tidur memang membuat tidur semakin nyaman. Ketika badan bersih, tidur pun menjadi lebih nyaman.

Get Fit
Melakukan olahraga adalah tips untuk meningkatkan kualitas tidur yang paling baik. Kegiatan olahraga disela-sela pekerjaan Anda memang menguras energi. Namun, otot-otot yang lentur setelah berolahraga memungkinkan kualitas tidur yang lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Mental Health and Physical Activity membuktikan bahwa mereka yang berolahraga paling tidak 150 menit dalam seminggu memiliki kualitas tidur 65 persen lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Mereka juga lebih jarang mengantuk pada siang hari.

(Teks: Rahmi Febriani)

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.

What’s On