Mental Health: 10 Tips Penting untuk Keseimbangan Hidup

Photo: Getty/Squaredpixels

“Tidak ada yang bisa disalahkan dari gangguan mental, namun stigma dan bias yang menyalahkan kita semua.” –Bill Clinton

Semua orang perlu mengetahui pentingnya meningkatkan kesadaran terhadap isu kesehatan mental serta sama-sama berusaha mendukung kesehatan mental. Gangguan mental sendiri adalah kondisi yang mempengaruhi bagaimana Anda berpikir, merasa, bertindak, atau berhubungan dengan orang lain di sekitar Anda. Semua itu merupakan hal yang biasa, karena banyak orang mengalaminya maupun mengenal orang yang mengalaminya. Terdapat gejala yang beragam, mulai dari ringan hingga berat. Gejala yang mereka hadapi pun juga berbeda-beda.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang berlangsung pada 10 Oktober 2017, berikut 10 tips yang penting untuk kesehatan mental Anda berdasarkan National Council for Community Behavioral Healthcare.

1. Hargai diri Sendiri
Perlakukanlah diri Anda dengan kebaikan dan respect. Hindari untuk selalu menyalahkan diri sendiri. Cobalah melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan kembangkan hobi Anda.

2. Merawat Tubuh
Tingkatkan kesehatan mental dengan merawat tubuh. Pastikan untuk makan makanan yang bergizi, olahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, dan banyak meminum air putih.

3. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang baik
Pada umumnya, orang-orang dengan hubungan sosial yang kuat lebih sehat dibandingkan mereka yang kurang memiliki jaringan sosial. Untuk itu, sebaiknya Anda harus menjaga relasi yang selalu mendukung Anda dengan semaksimal mungkin.

4. Berbuat baik pada orang lain
Dengan berbuat baik pada orang lain, Anda dapat memiliki kepuasan tersendiri dalam diri Anda. Maka, perbanyaklah kesempatan menyalurkan energi Anda untuk menolong orang-orang yang membutuhkan.

5. Hadapi stress dengan senyuman dan tertawa
Dalam menjalani hidup, tentunya Anda pernah mengalami tekanan-tekanan yang membuat Anda merasa stress. Mengingat terdapat penelitian yang menyatakan tertawa dapat mengurangi stress, maka Anda harus menghadapinya dengan senyuman dan tawa.

6. Menenangkan pikiran
Nyatanya, penelitian telah membuktikan bahwa meditasi dapat membantu Anda merasa tenang dan menambah efek terapi. Selain itu, Anda pun dapat meningkatkan pola pikir dan cara pandang terhadap kehidupan dengan melakukan olahraga relaksasi serta berdoa.

7. Rencanakan tujuan yang realistis
Dalam menjalani hidup, Anda dapat menentukan cita-cita yang tinggi, namun tetap realistis dan tidak terlalu mengatur. Anda perlu menentukan apa yang ingin Anda capai secara akademis, profesional, maupun personal. Tak ketinggalan, Anda pun harus menikmati sensasi dalam menjalani proses untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

8. Cobalah hal baru
Mencoba hal baru dapat menjadi hal yang selalu terasa menyenangkan bagi kebanyakan orang. Meski menjalani rutinitas memberikan Anda perasaan yang aman, Anda juga harus mencoba sedikit keluar dari comfort zone dengan melakukan perubahan kecil dalam kegiatan Anda.

9. Hindari alkohol dan obat-obatan
Alkohol dan obat-obatan hanyalah memperburuk masalah yang Anda miliki. Untuk itu, Anda perlu menjaga penggunaan alkohol seminimal mungkin dan menghindari obat-obatan terlarang.

10. Mencari pertolongan ketika Anda membutuhkan
Mencari pertolongan merupakan sebuah tanda kekuatan, bukanlah kelemahan. Menerima perawatan tertentu adalah hal efektif yang dapat Anda peroleh dalam menghadapi gangguan mental. Orang-orang yang dirawat dengan baik terbukti dapat sembuh dari gangguan mental sehingga dapat menjalani hidup yang sepenuhnya berharga.

So, healthy mind plus healthy body gets you the balanced life!

BAGIKAN HALAMAN INI:



Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 - Saksikan eksklusif live streaming Dior Haute Couture Autumn-Winter 2018-19 yang akan dilangsungkan di Paris pukul 2.30 pm waktu Paris atau Pukul 7.30 pm waktu Jakarta.

What’s On

  • 1 February 2019

    Koleksi Activewear GUESS Siap Menemani Waktu Olahraga Anda

  • 28 December 2018

    Be More Luxe with Karen Millen Holiday 2018

  • 24 December 2018

    Seri Liquid Lip Balm Oleh Bobbi Brown

  • Kolaborasi BECCA Dengan Khloe Kardashian #BECCABFFs

    Keluarga Kardashian-Jenner memang tidak asing di dunia kosmetik dan kecantikan. Anak bungsu dari keluarga Kardashian, Khloe Kardashian dan sahabat sejatinya, Malika Haqq, berkolaborasi dengan BECCA Cosmetics untuk meluncurkan koleksi #BECCABFFs. Dalam koleksi ini Anda akan menemukan 4 warna lipstick baru, 2 palet wajah dan tentunya highlighter! Bronze, Blush & Glow Palette ini tersedia dalam 2 pilihan, satu dari Khloe dan satu lagi dari Malika. Kedua palet ini menyediakan bronzer, highlighter dan 2 warna blush. Raih tampil bronzed goddess dengan palet With Love By Khloe. Demikian, dengan With Love By Malika, Anda dapat mencapaikan makeup yang tampak merona dengan warna-warna blush yang terang. [gallery size="full" ids="9326,9329"] Tentunya Khloe dan sahabatnya Malika juga meluncurkan 4 lipstick baru, dua diantaranya dari Khloe dan dua lainnya dari Malika. Khloe dan Malika membuat warna-warna yang mirip namun tetap unik dari satu sama lain. Dengan pilihan lipstick dari Khloe, Anda akan menemukan 1 lipstick merah yang dinamakan Khloe's Hot Tamale dan 1 lipstick nude yang dinamakan Khloe's Cupid Kiss. [gallery size="full" ids="9322,9323"] Malika menyediakan pilihan warna yang lebih gelap, namun tetap mencolok. Malika's Brave adalah warna merah sejati yang lebih cool toned. Kemudian ada warna nude juga yang dinamakan Malika's Yours Truly.   [gallery size="full" ids="9324,9325"] Glow Letters ini merupakan highlighter yang dicetak dalam blok-blok bentuk huruf dan bentuk hati. Blok huruf merupakan highlighter warna champagne emas yang akan memantul cahaya untuk efek yang blinding. Lalu, blok berbentuk hati adalah bronzer dengan shimmer yang akan menghangatkan warna kulit namun tetap menyala seperti highlighter.

    khloe kardashian Koleksi ini akan segera hadir di toko-toko resmi BECCA pada tanggal 22 Desember.

  • 20 December 2018

    Volupté Plump-in-Color Dari YSL Beauty